Selasa, 01 Juni 2010

Tetap Sehat di Tempat Kerja

Kesehatan adalah kekayaan yang tak ternilai harganya. Sebagai seorang karyawan, Anda tentu sudah tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan Anda, karena hal ini mempengaruhi produktifitas Anda maupun tim.

Kesehatan yang menurun juga memunculkan dilema. Ketika Anda sakit, istirahat akan membantu memulihkan tubuh, namun dengan konsekuensi membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Jika Anda tetap bekerja, kualitas pekerjaan Anda juga tidak maksimal. Karena itulah, walaupun tampaknya mustahil untuk tidak akan pernah jatuh sakit, paling tidak tips berikut ini akan membantu Anda untuk tetap sehat in Job place.


1. Sering mencuci tangan.
Setiap kali Anda dari kamar mandi, sebelum makan, setiap kali Anda batuk atau bersin, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun paling tidak selama 20 detik. Letakkan sebotol hand sanitizer di meja Anda, jika Anda tidak memungkinkan untuk sering ke wastafel.


2. Jaga kebersihan workspace/cubicle Anda.
Secara teratur bersihkan telepon, keyboard komputer dan benda lain yang sering Anda gunakan.


3. Jangan lewatkan sarapan.
Selalu luangkan waktu untuk sarapan karena sarapan dengan menu seimbang akan memberi Anda energi untuk memulai hari. Biasakan untuk sarapan dengan makanan yang mengandung protein dan serat tinggi. Sandwich roti gandum, fruit salad dan susu rendah lemak akan meningkatkan energi Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan sarapan nasi goreng dan kopi.


4. Hindari rekan kerja yang sakit.
Walaupun akan lebih baik kalau mereka beristirahat di rumah, terkadang load jobs yang menumpuk tidak memungkinkan hal tersebut. Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari kontak langsung dengan mereka. Tentunya dilakukan dengan sopan.


5. Minum air/cairan lainnya paling tidak 8 gelas sehari.
Minuman berkarbonasi dan kopi mungkin membantu Anda tetap alert dan terjaga selama Anda bekerja. Namun kedua jenis minuman ini juga bersifat diuretic yang juga bisa mengakibatkan dehidrasi. Jadi pastikan tubuh Anda tetap mendapatkan supply air paling tidak sebanyak 8 gelas sehari. Letakkan botol air dimeja Anda untuk memudahkan Anda minum.


6. Take frequent breaks.
Ketika Anda merasa letih atau pegal, bangun dari kursi Anda dan jalan untuk beberapa menit. Atau Anda juga bisa melakukan stretching.


7. Ambil cuti yang seharusnya jadi hak Anda.
Penelitian membuktikan bahwa kebanyakan orang yang tidak menggunakan hak cuti mereka akan lebih gampang sakit. Berlibur adalah satu cara untuk melepaskan tekanan kerja. Walaupun hanya long weekend , gunakan hari-hari tersebut untuk berlibur untuk melupakan sejenak job Anda.


8. Berhenti merokok.
Sudah jadi hal yang lazim diketahui orang banyak bahwa merokok memberi dampak negatif bagi tubuh. Perokok terbukti lebih gampang sakit dibandingkan non perokok. Kebalikan dengan mitos yang mengatakan bahwa merokok bisa meningkatkan produktifitas, justru olahragalah yang memberikan efek baik bagi produktifitas. Nikotin dari rokok justru pemicu dan meningkatkan tingkat stress tubuh.


Jobs Info, Job Search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar